Program Rutin Wirausa Baru Jabar (WUB)

program yang sedang dijalankan Pemprov Jabar  siap dalam menghadapi pasar global

Banyak hal yang belum terjalankan atau terealisasikan mengenai penentasan kemiskinan di Jawa Barat. Berdasarkan BPS penduduk miskin ada 4,48 juta orang atau setara dengan 9,57 persen. Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempunya misi bagaimana cara untuk mengurangi angka kemiskinan tersebut salah satunya adalah mencetak 100 ribu wirausaha baru di Jawa Barat ini. Program ini sudah mulai berjalan dari tahun 2014 dan telah berhasil mencetak hingga 60 Wirausaha Baru. Program poker online tersebut cukup efektif untuk membangun semangat para wirausaha baik yang baru mau menjadi wirausaha ataupun yang sedang mengembangkan usahanya. Pemerinta Provinsi Jawa Barat mempunya harapan yang besar pada program ini untuk mempersiapkan Masyarakat di era MEA ini. Cara yang sedang ditempu pemerintah  yaitu mengadakan inovasi perizinan secara online untuk informasi pendidikan dan pelatihan teknis, mambantu pemasaran juga melalui teknologi e-marketing, mengadakan pendampingan informasi dan teknologi.

Target Pemerinta Provinsi Jabar untuk WUB 2018

Mencetak wirausaha baru pemerintah provinsi Jawa Barat tetap menargetkan 100 ribu wirausaha baru ditahun 2018 mendatang, pada tahun ini 2017 pemerinta sudah membuka pendaftaran dan penjadwalnan wawancara bagi peserta yang berdomisili di Jawa Barat. Antusias masyarakat dari tahun ke tahun semakin meningkat, semangat mereka untuk dapat membuka lapangan kerja sendiri perlu di acungi jempol. Menurut survey yang dilakukan kepada mahasiswa di Indonesia, 83 persen ingin menjadi karyawan dan 4 persen saja yang ingin menjadi pengusaha. Sedangkan usaha mikro atau UMKMlah kunci kita dapat  bersaing di era MEA saat ini. Bagaimana kita akan maju dan menguasi perekonomian di dunia sedangkan masyarakat di kita sendiri sangat hobi menjadi karyawan dan hidup di zona nyaman.

Peserta WUB siap menghadapi MEA

MEA ini adalah kesepakatan yang dilakukan Negara ASEAN untuk membangun ekonomi bersama. Masyarat Ekonomi ASEAN ini dibentuk untuk menekan tingkat kemiskinan yang semakin bertambah di setiap Negara ASEAN, MEA ini membantu setiap Negara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan standar hidup masyarakat ASEAN. Maka sebagai pasar tunggal,  setipa Negara bebas mengirimkan barang dan jasa ke Negara lainnya. Masyarakat Indonesia perlu bersiap-siap menghadapi MEA ini agar dapat bersaing dan berhasil dari Negara ASEAN lainnya. Maka program WUB Jawa Barat ini sudah sangat membantu masyarakatnya untuk bersaing bebas di pasar tunggal ASEAN. Pelatihan yang di berikan diharapkan mampu mendongkrak potensi setiap warga JABAR untuk menjadi seorang pengusaha yang tangguh, cerdas, aktif, kreatif dan solutif sejalan dengan program Pemprov Jabar dalam menggarap produk yang berjudul “  WUB Bersatu Memperkuat Ekonomi Bangsa”.

Tips Untuk Berhasil dalam Program WUB Jabar

Saat pelatihan Wisausaha Baru Jawa Barat berlangsu peserta akan di karantina selama kurang lebih satu minggu. Hari pertama kita mendaptakan sambutan dari Pemprov Jabar kemudian diarahkan untuk sungguh-sungguh saat mengikuti pelatihan tesebut. Peserta diberikan materi-materi tentang wisausaha kemudian ada pengembangan softskill untuk peserta dapat menemukan kelebihan dan kekurangan pada diri masing-masing peserta. Lalu mendapatkan teori dan penyelsaian masalah yang ada di lapangan, berkunjung ke industry-indusrti maju untuk mendapatakan ilmu baru dilapangan. Saat menjalankan program, kita di sarankan untuk banyak bertanya dan mengekplor kemampuan dan mengasa pandangan kita mengenai wirausaha tersebut. Peserta harus banyak mempraktekan dan berinteraksi dengan pemateri yang pada dasarnya pemateri tesebut pengusaha yang sukses di Jawa Barat. Jadi tetap fokus judi online dan bersemangatlah untuk menjadi pengusaha sebenarnya.

Saling BerbagiShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About dude